Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Desa Troso Pengrajin Tenun Ikat Jepara

Mengenal Desa Troso Pengrajin Tenun Ikat Jepara

Diposting pada 20 Januari 2017 oleh Tenun Indraswari

Pembaca yang saya sayangi mungkin sebagian dari kalian akan datang ke Jepara dengan berbagai tujuan,ada yang baru pertama kali dan ada juga untuk yang kesekian kalinya. Tahu gak sih kalau Kota Jepara termasuk dalam Kota yang terisolir karena letak geografisnya seperti anjung(menjorok kearah laut). Namun,hal inilah yang membuat warga Jepara berfikir bagaimana untuk menjadi kreatif.

Salah satunya adalah warga di Desa Troso.Desa Troso secara geografis terletak sekitar 15 Km arah Tenggara dari Kota Jepara. Bagian utara Desa Troso berbatasan langsung dengan Desa Ngabul, Sebelah selatan Berbatasan dengan area persawahan, Pada sebelah timur berbatasan dengan Desa Pecangaan Kulon, Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Desa Ngeling.

desa troso,tenun ikat,tenun jepara,pengrajin tenun ikat jepara,kain troso, kain troso jepara

Desa Troso adalah sentra kerajinan tenun ikat di Jepara. Dinamakan Tenun Troso karena tenun ini 99% dikerjakan oleh masyarakat Desa Troso Jepara.

Saat teman-teman sampai di daerah Kecamatan Pecanggan,tepatnya setelah bundaran pecangaan. Sekitar 200 meter akan ada pertigaan yang disambut dengan gapura “Selamat Datang di Sentra Tenun Troso”. Saat teman-teman membaca tulisan yang pada”pintu gerbang menuju desa troso” apa yang ada dalam benak teman-teman? Ya benar sekali,Desa Troso adalah pusat kerajinan tenun ikat di Jepara.Saat teman-teman masuk ke wilayah Desa Troso,kanan kiri jalan akan dihiasi berbagai macam tulisan yang intinya adalah menjual kain tenun troso.

Nama kain tenun troso sendiri diambil dari nama Desa Troso itu sendiri.Karena setiap ada orang yang memakai kain tenun dari Troso dan ada orang lain yang bertanya:

Lhoh,sis dressnya kok cantik motifnya?

“Iya bund,ini dress aku desain sendiri,bahannya dari kain troso.”

Bener cantik banget sis, aduh jadi pengen punya

“Beli aja kainnya ntar dijahitin, murah kok bund ๐Ÿ˜€ ”

Boleh deh,belinya dimana sis,trs bahan kainnya apa tadi namanya?”

Toko Indraswari tenun troso bund

Berawal dari hal seperti itulah hingga akhirnya terkenal menjadi Kain troso atau kain tenun Troso. Sedangkan untuk variasi motifnya,Kain tenun ini memiliki banyaaaaaaak sekali.Dari mulai kain tenun rangrang,blanket,tenun CSM,pelangi,Baron,kroto,Skaf,sutra,tenun etnik dan sebagainya(pokoknya up to date).

Proses Pembuatan Kain Tenun Handmade

โ€œTenun ikat Troso atau kain ikat Troso adalah kriya tenun Jepara tepatnya dari Desa Troso. berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah – Wikipedia+โ€

Udah baca kan penjelasan diatas dari om aku.hehehe.Dalam produksi kain tenun,masyarakat Desa Troso tetap meengunakan Handmade dengan cara digerakkan kedepan dan ditarik kebelakang terus menerus hingga menjadi potongan kain,istilah kerennya alat ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Sampai saat ini para pengrajin tetap mempertahankan cara ini karena kualitas kain tidak mudah luntur,awet dan tahan lama. Dalam sehari para pengrajin dapat menghasilkan hingga sembilan potong kain tenun perorang. Bayangkan jika rata-rata home industri ini tiap rumahnya memiliki 3 orang yang aktif memproduksi tenun? Tinggal dikalikan saja ya ๐Ÿ˜€ .Untuk menghindari kesan “kuno”,pengrajin kain tenun biasanya akan membuat pola atau motif baru dan juga mengadaptasi danย  mengembangkan pola tenun dari daerah lain seperti, Toraja,Bali,Palembang,NTT,dan daerah lainya di Indonesia.

Beberapa pengrajin tidak hanya menjual kain tenun saja,tapi memberikan akses kepada pembeli untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun dari awal hingga akhir.Inilah yang menjadi nilai lebih untuk menarik perhatian pembeli sehingga menjadikan Troso sebagai Desa Wisata Kain Tenun.

Perekonomian Desa Troso

Perekonomian Desa Troso banyak digerakkan oleh home industri kerajinan tenun ikat, kerajinan mebel dan pertanian. Sesuai dengan namanya, Kerajinan Tenun Ikat Troso digeluti oleh warga Desa Troso dan dikenal seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Dilihat dari jumlah unit usahanya yang mencapai 250 buah yang mampu menyerap lebih dari 2.500 tenaga kerja. Nilai produk yang dihasilkan sepanjang tahun 2008 mencapai lebih dari Rp. 221 miliar. Di Jepara, tenun Troso merupakan seragam resmi PNS dan karyawan BUMD setiap hari Kamis โ€“ Sabtu. Setelah diberlakukan lima hari kerja, tenun Troso dipakai sebagai seragam pada hari Kamis dan Jum’at.

Keterampilan membuat tenun ikat sudah dimiliki oleh warga Desa Troso sejak tahun 1935 yang bermula dari Tenun Gendong warisan turun-temurun.Tahun 1943 mulai berkembang Tenun Pancal dan kemudian pada tahun 1946 beralih menjadi Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), hingga sekarang. Keterampilan ini terus berkembang. Varian produk-produk baru berhasil dimunculkan para perajin seiring perkembangan zaman. Setelah serangkaian pameran disertai upaya peningkatan kualitas sesuai dengan permintaan pasar, industri kerajinan ini semakin dikenal, bukan saja di dalam negeri tetapi juga pasar internasional. Pengusaha mengandalkan pintu pasar di Bali, Jogjakarta, dan Jakarta.

Perkembangan Tenun Ikat Troso

Pemerintah Desa Troso bersma Kepala Desa Troso dan Pemerintah Kecamatan Pecangaan serta Masyarakat akan bekerjasama mengadakan Jepara Fashion Carnival (JFC) atau Jepara Tenun Carnival (JTC) atau Jepara Weave Carnival (JWC) peserta yang terlibat di acara ini adalah Pelajar SD, Pelajar SMP, Pelajar SMA, Mahasiswa, dan Masyarakat umum. Event ini rencananya diadakan di Pecangaan karena disinilah (Kecamatan Pecangaan) pusat pakaian khas Jepara yaitu: Tenun Ikat Troso, Batik Jepara, Batik Kartini, dll. Acara ini di mualai dari Gedung JTTC Rengging sampai menuju Kantor Kecamatan Pecangaan. Diharapkan event Jepara Weave Carnival sama populernya dengan Solo Batik Carnival, Jember Fashion Carnaval, Jogja Java Carnival , dll.

Dimana Saya Dapat Membeli Kain Tenun Troso?

Teman-teman yang ingin belanja kain tenun troso secara online dapat membeli melalui toko online indraswari.com. Kami menjual berbagai macam kain tenun terbaru dengan harga (Insyaallah) murah ๐Ÿ˜€ .

Bagikan informasi tentang Mengenal Desa Troso Pengrajin Tenun Ikat Jepara kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Desa Troso Pengrajin Tenun Ikat Jepara | Tenun Indraswari

Belum ada komentar untuk Mengenal Desa Troso Pengrajin Tenun Ikat Jepara

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami

Follow Me on Google+

Kalender

Oktober 2017
S S R K J S M
« Jan    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan