Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Apa itu Budaya

Apa itu Budaya

Diposting pada 20 Januari 2017 oleh Tenun Indraswari

Di Indonesia banyak sekali budaya lokal yang sampai saat ini masih terus dilestarikan.Sebuah kebudayaan yang ada atau muncul didalam suatu masyarakat tertentu yang didalamnya memiliki satu padu kesamaan pola oikir/aktifitas dan berkehidupan bertetangga(sosial) yang dilestarikan secara turun temurun oleh masyarakat suku/daerah tersebut.

Apa itu Budaya?

Pengertian budaya lokal dapat kita rumuskan sebagai bentuk pola dari nilai-nilai lokal yang terwujud dari hasil pemikiran serta perilaku masyarakat suatu masyarakat tertentu yang terbentuk secara alamiah seiring dengan berjalannya waktu. Pada umumnya, suatu budaya biasanya berwujud sebagai hasil seni, tradisi, hukum adat, ataupun pola pikir. Di Indonesia terdapat macam-macam budaya lokal yang bervariasi dikarenakan luasnya wilayah negara ini dan banyaknya suku-suku.

Macam-Macam Budaya Lokal

Di Indonesia banyak sekali macamk-macam budaya lokal dan tiap-tiap daerah memiliki bentuk budaya berbeda-beda tergantung dari daerah tersebut meskipun ada beberapa yang hampir mirip atau bahkan sama. Seperti halnya yang telah disebutkan ia dapat berupa seni kebudayaan, seni rupa, seni tulis, tarian adat, hukum adat, pemikiran, maupun hal-hal lainnya yang menyangkut kebudayaan tertentu. Ia dapat berupa hasil tangan masyarakat pada zaman dahulu. Candi-candi, prasasti, maupun, serat-serat merupakan salah satu contoh hasil tangan peradaban masa lalu yang menunjukkan sejarah masa lalu.

Tradisi budaya lokal mencerminkan tentang bagaimana kehidupan masyarakat tersebut bergerak, dan menjalankan adat-adat atau nilai-nilai yang mereka anut dan junjung tinggi. Ia mampu menggambarkan secuil kehidupan lain melalui kegiatan tersebut. Salah satu contohnya adalah adat budaya dalam pernokahan adat Jawa siraman,sang mempelai pengantin akan dimandikan dengan air bercampur kembang. Tradisi ini merupakan sebuah runtutan upacara pernikahan  yang khas yang dilaksanakan saat setelah akad nikah dalam rsepsi pernikahan.

Karena di Jawa dulu penganut agama Hindu, ada lebih banyak jenis tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat tersebut, diantaranya adalah selapan, tedhak sinten, brokohan dan masih banyak lagi. Contoh Budaya Lokal lainnya adalah karapan sapi yang dilakukan oleh masyarakat Madura. Sedangkan tradisi yang populer diadakan di Yogyakarta adalah tradisi upacara Labuhan Merapi yang khusus dilakukan oleh pihak kerajaan atau keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Contoh Budaya Lokal

Contoh budaya lokal diatas atas merupakan sebagian kecil macam-macam jenis kegiatan tradisi/budaya yang terdapat pada kebudayaan masyarakat pribumi. Pada dasarnya ada banyak sekali contoh yang terbagi dalam beberapa kategori budaya seperti kesenian daerah, kesenian rupa yang berbentuk rumah adat, seni berpakaian yang berwujud pakaian adat, dan lain-lain. Beberapa contoh yang masuk dalam kategori kesenian daerah adalah berupa tari-tarian. Beberapa tarian khusus tiap-tiap daerah adalah tari saman dari Aceh, tari tortor dari Sumatera Utara, tari reog dari Jawa Timur.

Budaya Tari

Ada pula tari serimpi yang masuk kedalam daerah Jawa Tengah, tari jaipong di daerah Jakarta, tari topeng dan merak di Jawa barat dan tari kecak maupun pendet di Bali. Tidak hanya dalam hal tarian saja, khasanah kebudayaan juga masuk pada ranah laguan atau nyanyian. Nyanyian khas seperti injit-injit semut, soleram, bubuy bulan, suwe ora jamu, maupun angin mamiri merupakan bentuk kebudayaan lokal yang menarik. Budaya Lokal seperti ini merupakan khasanah nusantara yang patut untuk terus dilestarikan.

Budaya Musik

Contoh budaya lokal lainnya adalah alat musik. Satu tali dengan nyanyian atau lagu daerah, alat musik yang dibawakan juga memiliki ciri khas yang mengeluarkan jenis suara yang unik dan berbeda. Alat-alat musik daerah ini memiliki keragaman suara yang sungguh indah dan menawan yang bahkan telah dikenal hingga keseluruh penjuru dunia. Hampir seluruh orang mengenal alat musik angklung yang mengeluarkan bunyi yang suara yang sangat indah.

Sebuah angklung yang mengalun merdu dengan gabungan alunan agklung-angklung lainnya mampu memberikan paduan musik yang sangat khas yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya selain di Indonesia. Selain alat musik, rumah adat semacam joglo juga turut menyumbangkan keragaman khasanah lokal nusantara. Tak ketinggalan adalah pakaian adat yang mencirikan suatu daerah. Beberapa pakaian adat yang terkenal luas hingga keluar benua adalah kebaya dengan paduan brokat dan batiknya.

Kita semua tahu bahwa budaya Lokal yang ada di Indonesia sungguhlah beragam dan mengagumkan. Sebagai masyarakat Indonesia,alangkah bijaknya bila kita saling menjaga budaya satu sama lain dan terus melestarikan budaya lokal. Kita tidak mau lagi ada kasus seperti yang sudah-sudah karena pengakuan negara lain yang mengklaim budaya kearifan lokal Indonesia. Marilah kita lestarikan dan kita jaga budaya lokal Indonesia.

Bagikan informasi tentang Apa itu Budaya kepada teman atau kerabat Anda.

Apa itu Budaya | Tenun Indraswari

Belum ada komentar untuk Apa itu Budaya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami

Follow Me on Google+

Kalender

Oktober 2017
S S R K J S M
« Jan    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan